Minggu, 27 September 2009

SI ADUY: TANTANGAN KOMEDI DALAM KETERBATASAN


Ini tantangan. Ada banyak hal yang bisa saya dapat dari semua keterbatasan ini. Efektif sejak mei lalu saya bergabung di Banten TV, sebuah televisi lokal di Banten, sebagai tim kreatif. Bermodal pengalaman saya saat menjadi co writer Mas Gola Gong yang saat itu menggarap FTV sinema romantis dan FTV sinema Ramadhan dari SinemArt yang ditayangkan RCTI dan menulis skenario freelance lainnya, saya pun menyanggupi saat diamanahi menggawangi skenario sinetron komedi lokal Si Aduy:anak kampung jadi sarjana. Sedikit info, Si Aduy menceritakan tentang pemuda lugu asal Baduy yang ingin kuliah. Sikap kekampungannya itulah modal komedi terbesar yang bisa saya eksplor. Meski durasi hanya 30 menit dan tayang per-weekly, tetap saja menguras tenaga dan fikiran. Kenapa? karena di awal-awal penggarapannya, saya juga merangkap sebagai boomer sesekali juga gulung kabel. ha ha.. Tapi tak apa. Saya dan kawan-kawan berusaha enjoy saja. Hingga akhirnya kru si Aduy bertambah, dan saya diharuskan konsen menjaga naskah. Karena gosipnya, Si Aduy bakal kejar tayang atau streeping (?).
Kesulitan terbesar adalah, saya harus memainkan empat tokoh utama dengan pemain tambahan sebanyak dua orang. Konfliknya bagi saya sendiri cukup sulit digali, karena settingnya tidak boleh lebih dari satu tempat, yakni kampus. Kenapa? Karena keterbatasan dana dan kru. Tapi sekali lagi saya berusaha enjoy, kerena walau bagaimana pun, si Aduy adalah sinetron pertama di Banten. Saya tidak mengukur diri dengan televisi nasional yang sudah mahir-maher membuat sinetron, meski sebagian banyak dikerjakan oleh production house atau PH. Beruntung saja Gola Gong selalu menyemangati saya, bahwa saya akan terbiasa mengolah cerita dan konflik meski keterbatasan seting dan pemain. Ukuran bosan penulis skenario juga terkadang berbeda dengan penonton. Saya gelisah takut penonton jemu, sementara penontonnya enjoy-enjoy saja. Mereka tak peduli logika cerita, kebocoran gambar, dialog aneh, over monolog, dll. Akhirnya belajar dari penonton, saya pun enjoy aja.
Jangan lupa! Tonton terus si Aduy; anak kampung jadi sarjana, setiap sabtu pukul 21.00 WIB. Hanya di Banten TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar